Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 6, No 2 (2022): Attadib: Journal of Elementary Education

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SPADE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SEKOLAH DASAR

Azis Muslim (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Epon Nur’aeni L (Unknown)
Yusuf Suryana (Unknown)
Muhammad Rijal Wahid Muharram (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran SPADE dalam peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada materi perkalian dan pembagian di sekolah dasar. Dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik terhadap proses belajar matematika materi perkalian dan pembagian. Pembelajaran yang telah dilaksanakan belum mencapai hasi sesuai harapan. Ditunjukkan dengan masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan pengumpulan data menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest). Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas II SDN 1 Sukamanah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya dengan teknik saturation sampling. Kelas IIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIB sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data pretest-posttest diolah menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan skor signifikansi 0,026 dengan taraf signifikan sebesar 5% dan diperoleh skor thitung = 2,313 dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan ttabel = 1,687. Dengan demikian, disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran SPADE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perkalian dan pembagian serta lebih baik daripada penggunaan model konvensional di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...