Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 7, No 2 (2022): Jendela PLS

PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Mita Oktavia Lestari (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Abdul Karim Halim (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Peningkatan kreativitas pada anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan bisa beragam jenisnya, salah satunya media loose part. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan kreativitas anak-anak usia dini di PAUD Tunas Harapan dalam proses pembelajaran melalui pengunaan media loose part. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B (5-6 tahun) yang berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini guru dan peneliti berkolaborasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media loose part. Hasil dari penelitian ini, terlihat dari sebelum diberikannya tindakan persentase kreativitas anak masih sangat rendah, namun kemudian pada siklus 1 persentase meningkat menjadi 30% untuk kategori cukup dan 70% untuk kategori kurang. Pada siklus ke 2 meningkat lagi menjadi 80 % untuk kategori sangat baik dan 10% untuk kategori cukup, dan 10% lagi untuk kategori kurang. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penelitian dengan penggunaan media Loose Part dapat mengembangkan dan meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Tunas Harapan.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...