Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pembelajaran e-learning dengan hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Alfa Salam Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Responden dalam penelitian terdiri dari 95 warga belajar paket C. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling yang diambil dari populasi warga belajar paket C semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner) tertutup dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran e-learning dengan hasil belajar warga belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,552 artinya berdasarkan tabel interpretasi hubungan tergolong cukup dan arah hubungan bersifat positif yakni apabila terdapat peningkatan pada pembelajaran e-learning yang diselenggarakan maka hasil belajar juga akan meningkat dan begitu pula sebaliknya.
Copyrights © 2022