Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Darul Falah Batu Jangkih. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal tiap-tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 73,21, sedangkan persentase ketuntasan sebesar 77, 47% dengan kategori “baik”. Sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 77,25 dan persentase ketuntasan sebesar 92,75% dengan kategori “baik sekali”. Hal Ini menunjukkan bahwa penelitian telah mencapai target ideal 85% dari jumlah siswa dalam kelas mengalami peningkatan prestasi. Jumlah siswa yang tuntas secara individual sebanyak 30 orang dari 33 orang siswa. Pendekatan pembelajaran kooperatif juga terbukti dapat melibatkan siswa secara aktif. Ini dapat dilihat dari peningkatan nilai skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 5,45 menjadi 7,54 yang dikategorikan “lebih aktif” dari setiap pertemuan dalam mengerjakan pekerjaannya masing-masing, mengolah informasi, serta menyimpulkan materi yang telah dijelaskan.
Copyrights © 2022