Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini

PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK IT BENING HATI

Tauladan, Aulia Faradillah (Unknown)
Natalia, Ayu (Unknown)
Loka, Diana Puspita (Unknown)
Julianto, Muhammad Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan inti proses pembelajaran tematik yang dilakukan guru kelas, (2) mengetahui aktivitas belajar anak usia dini dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik (3) mengetahui sikap anak usia dini dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan baik di TK IT Bening Hati. Hal ini terbukti guru melaksanakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kaidah 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Menalar/Mengasosiasi, dan Mengkomunikasi). Sedangkan pada aktivitas pembelajaran, anak merasa sangat antusias dan bersemangat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik dapat membuat anak menjadi antusias dan juga mengalami pembelajaran secara nyata. Disarankan guru membuat kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi agar anak menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...