An Nadwah
Vol 28, No 2 (2022): Juni - Desember

Analisis Use And Gratification Dalam Menentukan Strategi Dakwah Virtual

Asma Sari Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Azhar Sitompul (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurhanifah Nurhanifah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Maulana Andi Surya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Dalam komunikasi massa ada satu teori yang yang dinamakan dengan Use and Gratification Theory (Teori Kegunaan dan Kepuasan). Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kebutuhan adalah salah satu teori komunikasi dimana titik-berat penelitian dilakukan pada pemirsa sebagai penentu pemilihan pesan dan media. Era digital saat ini sudah menjadi basic human needs, kebutuhan akan wifi dan battery, namun perkembangan teknologi dan era digitalisasi tentu saja memiliki banyak dampak, diantaranya banyaknya orang yang membutuhkan solusi atas persoalan-persolan hidup yang dialami olah masyarakat yang tentunya harus berlandaskan ajaran agama, khususnya ajaran Al-Qur’an dan Hadis. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para  Muballigh, para Da’i/ah untuk mengikuti perkembangan zaman, karena pesatnya perkembangan internet dan era digital , para Muballigh juga dituntut untuk bisa ikut andil untuk tetap ikut berdakwah melalui media digital, demi guna menjawab tantangan dan persoalan ummat yang sesuai dengan era saat ini, tentunya berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. Para Muballiqh dan praktisi Dakwah dituntut untuk mampu memberikan solusi bagi permasalahanummat,melaluidakwahnyayangdisiarkandiberbagaimedia dan juga dituntut bisa mewujudkan keberadaan dakwah virtual (dakwah melalui media teknologi  dan informasi) sehingga diharapkan mampu menjadi alternatif revitalisasikeislaman bagi generasi  Network Societydalam upaya menjadikan generasi muslim yang lebih baik. Jadi  para praktisi dakwah harus memiliki strategi dakwah yang baik dan efektif,  mampu menentukan penggunaan dan pemilihan media massa yang akan digunakan serta materi dakwah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini karena sesuai teori uses and gratification masyarakat atau khalayaklah yang akan menentukan positif atau tidak terhadap dakwah yang dilakukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nadwah

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

An-Nadwah Jurnal Dakwah dan Sosial Kemasyarakatan is an academic journal published twice annually (January-July) by Dakwah and Communication Faculty of UIN North Sumatera Medan . This journal publishes original researches in multi concepts, theories, perspectives, paradigms and methodologies on ...