Jurnal Kadera Bahasa
Vol 14, No 1 (2022): KABA Vol 14 No. 1

SENYAPAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS XII DI SMA NEGERI 1 JARE

Alfi Khoiru An Nisa (Universitas Muhammadiyah Malang)
Gigit Mujianto (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pemelajaran model discovery learning dan mengetahui senyapan pada siswa ataupun guru yang terdapat dalam proses pembelajaran materi berita kelas XII di SMA Negeri 1 Jare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif  kualitatif, dengan data yang digunakan ialah setiap langkah pembelajaran yang masih relevan dengan model discovery learning, dan data kedua yaitu senyapan yang dilakukan baik dari ujaran guru maupun ujaran siswa dan teknik penelitian yang digunakan ialah teknik simak catat. Hasil penelitian menunjukkan langkah pembelajaran model discovery learning yaitu: stimulation, problem statement, data collecting, data processing, verification, dan generalization. Sedangkan hasil penelitian dari senyapan ialah terjadinya fenomena senyapan diam dan senyapan terisi yang dilakukan oleh siswa dan guru, dari kedua senyapan tersebut senyapan terisi lebih dominan dilakukan oleh guru maupun siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kaderabahasa

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Kadera Bahasa is a journal that publishes results of research in language and literature studies, including theoretical linguistics, applied linguistics, interdisciplinary linguistics, oral tradition, philology, semiotics, pure literature, applied literature, interdisciplinary literature, also ...