Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Multimodal Discourse Analysis for Video of Learning

R.Sri Ayu Indrapuri (Universitas Awal Bros)
Muhammad Firman Perdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa dalam menyampaikan idenya tentang materi pembelajaran dan untuk mengetahui perasaan dan kondisi siswa. Penulis menggunakan monolog siswa di Kelas Bahasa Inggris. Video dianalisis berdasarkan teori dalam analisis multimodal discourse. Prosedur dalam menganalisis data mengacu pada beberapa sumber semiotik seperti ucapan dan fitur kinetik seperti tatapan, gerak tubuh dan postur tubuh siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan siswa menyampaikan materi pembelajaran yang baik. Untuk fitur kinetik, siswa menunjukkan mencoba untuk mengingat dengan keras; itu mengacu pada tatapan siswa. Untuk gerak tubuh dan postur tubuh siswa, keduanya menunjukkan kurangnya kepercayaan diri siswa ketika menyampaikan idenya dan memiliki sesuatu untuk disembunyikan. Artinya siswa memahami materi pembelajaran tetapi perasaan dan kondisinya tidak percaya diri. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat membantu para mengajar untuk tidak hanya mengetahui kemampuan akan tetapi juga kondisi siswa saat belajar, sehingga dapat membuat proses penyampaian materi berjalan lancar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...