Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Analisis Keterampilan Apresiasi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Peserta Didik Kelas 5

Rizqi Hanna Desi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Malang)
Bahrul Ulum (Universitas Muhammadiyah Malang)
Belinda Dewi Regina (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Keterampilan apresiasi merupakan keterampilan dimana guru menunjukan gestur, gerakan atau pujian kepada peserta didik. Apresiasi sendiri merupakan ungkapan yang diberikan saat peserta didik mampu memberikan kinerja yang baik. Apresiasi dalam bahasa Indonesia sama dengan kata aprecitio dalam bahasa latin dan kata appreciation dalam bahasa Inggris. Apresiasi memiliki arti penghargaan, dan penghayatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan apresiasi guru dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas 5 SD Muhammadiyah 08 Dau Malang serta bagaimana faktor pendukung keterampilan apresiasi guru dalam kegiatan pembelajaran 5 SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan pembiasaan di lingkungan. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan apresiasi guru dalam kegaiatan pembelajaran peserta didik, presiasi dapat berupa reward, pujian, punishment and reward dan gestrur guru baik dari gestur wajah dan gerakan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...