Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble

Joni Joni (Universitas Pahlawan Tuanku tambusai)
Sumianto Sumianto (Universitas Pahlawan Tuanku tambusai)
Surani Oktavia (Universitas Pahlawan Tuanku tambusai)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang yang terbagi atas 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sebelum tindakan minat belajar siswa Tema 9 Sub Tema 3 Kelas IV SDN 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar hanya mencapai persentase 59% atau tergolong kurang berminat. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 75% atau tergolong cukup berminat. Pada siklus II minat belajar siswa Tema 9 Sub Tema 3 Kelas IV SDN 016 Tanah Merah Kabupaten Kampar meningkat lagi menjadi 91,43% atau tergolong sangat berminat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...