Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Xenoglosofilia pada Akun Instagram Indonesian Event; Potret Terkini Retorika Tulisan Indonesia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Bahasa Indonesia

Lusi Komala Sari (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan data xenoglosofilia di poster digital pada akun intagram indonesian.even serta mengkaji imbas xenoglosofilia terhadap pendidikan bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah akun intagram Indonesian Event. Sedangkan objek kajian pada penelitian ini adalah bentuk xenoglosofilia pada feed instagram Indoesian Event, selama satu tahun terakhir (2022). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan diksi Bahasa Inggris pada poster digital yang diunggah pada feed instagram indonesian.even 2022 mencapai angka 20,55%, sedangkan diksi yang berasal dari bahasa daerah hanya sebesar 0,02%. Hal ini menunjukkan bahwa style retorika tulisan pada poster digital yang dimuat pada akun instagram indonesian.event diwarnai secara dominan oleh Bahasa Inggris. Oleh karena itu, praktisi pendidikan perlu lebih selektif dalam menempatkan penggunaan diksi asing. Di samping itu, Potret xenogosofilia di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus bagi pemegang kebijakan agar bisa menyusun gebrakan baru dalam rangka memelihara keutuhan Bahasa Indonesia sebagai legasi untuk penerus bangsa. Pengetahuan tentang keterancaman perkembangan Bahasa Indonesia yang selama ini hanya terdapat pada perkuliahan kedwibahasaan, sejatinya perlu disebarluaskan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat bahasa tentang pentingnya menjaga marwah bahasa nasional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...