JIEM : Journal of Islamic Education and Management
Vol 3 No 1 (2022): Agustus 2022

KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KITAB TA’LIM AL-MUTAÁLLIM DAN ADAB AL’-ÁLIM WA AL-MUTAÁLLIM

Ahmad Saifudin (STAI Darussalam Nganjuk)
Abdul Hayyi Arif Nasuha (STAI Darussalam Nganjuk)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Konsep Al-Zarnuji dan K.H.Hasyim Asy‟ari merupakan dua pemikir pendidikan Islam, mereka tidak hanya berbicara tentang pendidikan saja tetapi juga membahas tentang manajemen pendidikan Islam, melalui karyanya yakni Ta’lim al-Muta’allim dan Adab al -‘Alim wa al-Muta’allim meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling walaupun belum lengkap seperti manajemen pendidikan yang kebanyakan sudah digunakan di Indonesia. Fokus kajian tentang konsep manajemen pendidikan Islam perspektif al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Mu’ta’allim, perspektif K.H. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adab al -‘Alim wa al-Muta’allim, tentang perbedaan dan persamaan antara konsep manajemen pendidikan Islam perspektif al-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Mu’ta’allim dan K.H. Hasyim Asy‟ari dalam kitab Adab al -‘Alim wa al-Muta’allim. Orientasi kajian tulisan ini untuk menunjukan bahwa konsep yang dibawa oleh al Zarnuji dalam kitabnya adalah planning, organizing, actuating dan controlling, begitu juga dengan konsep manajemen pendidikan Islam yang ada dalam kitab Adab al -‘Alim wa al-Muta’allim. Perbedaan yang mencolok dari bentuk manajemen pendidikan Islam yang diutarakan oleh kedua kitab adalah pada fungsi actuating, dimana kitab Adab al -‘Alim wa al-Muta’allim cara menggerakkan murid dan guru dalam proses belajar mengajar menggunakan al-Qur‟an dan Hadits yang menerangkan tentang keutamamaan orang yang berilmu dan keutamaan ilmu itu sendiri sedangkan pada kitab Ta’lim al-Mu’ta’allim proses penggerakannya menggunakan cerita ulama yang sukses dalam proses pencarian ilmunya. Serta jika dianalisis dengan pendapat Mujamil Qomar, konsep yang diutarakan oleh al-Zarnuji dan Kiai Hasyim cocok yakni planning, organizing, actuating, and controlling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JIEM : Journal of Islamic Education and Management adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Tarbiyah STAI Darussalam Nganjuk. Jurnal ini memuat tulisan para dosen dan praktisi pendidikan yang memuat tema Pendidikan dan Manajemen berbasis Islam yang bersumber dari penelitian literer ...