Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear

Yulia Ratri (Universitas Islam Riau)
Sri Rezeki (Universitas Islam Riau)
Dedek Andrian (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau)
Rezi Ariawan (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa perangkat pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi. 4 tahapan 4D yaitu tahap define, tahap desain, tahap development dan tahap disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan instrument pengumpulan data yaitu lembar validasi yang dirancang menggunakan skala likert 4 tingkat. Validasi dilakukan kepada empat orang validator yaitu dua orang dosen matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dan dua orang guru matematika. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dari data hasil validasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa hasil validasi perangkat pembelajaran dengan rata-rata keseluruhan pada RPP sebesar 87,36% dengan kriteria sangat valid sedangkan rata-rata keseluruhan pada LKPD sebesar 84,56% dengan kriteria sangat valid. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear yang sudah teruji kevalidannya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...