Borobudur Psychology Review
Vol 2 No 2 (2022)

Pengaruh Psychological Capital dan Kejelasan Peran terhadap Kinerja Karyawan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Kabupaten Purworejo

Dito Agung Satrio (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Widyaning Hapsari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Patria Jati Kusuma (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psychological capital dan kejelasan peran terhadap kinerja karyawan lembaga BMT Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif survei. Adapun responden dalam penelitian ini adalah karyawan lembaga BMT Kabupaten Purworejo yang berjumlah 100 orang. Sampel ditentukan menggunakan sampel jenuh, di mana sampel diambil dari keseluruhan jumlah populasi. Data dikumpulkan menggunakan Skala Psychological Capital, Skala Kejelasan Peran, dan Skala Kinerja Karyawan dan dianalisis menggunakan teknik statistik regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh psychological capital dan kejelasan peran terhadap kinerja yang secara statistik signifikan (R = 0,706; R2 = 0,498; F(3,97) = 48,150; p<0,05). Kedua variabel berkontribusi terhadap kinerja karyawan sebesar 49,8%. Pengaruh kedua variabel masing-masing adalah B = 0,586; t = 7,380; p = 0,000 (psychological capital), dan B = 0,217; t = 2,729; p = 0,008 (kejelasan peran). Disimpulkan bahwa dengan meningkatkan psychological capital dan kejelasan peran pada karyawan, maka kinerja karyawan BMT akan meningkat pula. Hal ini menjadi masukan bagi pengelola BMT untuk lebih memperhatikan psychological capital dan dan kejelasan peran karyawan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bpsr

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aim Borobudur Psychology Review, publishes research and innovative ideass on psychology. Borobudur Psychology Review is published by Department of Psychology, Muhammadiyah Magelang University. Scope Borobudur Psychology Review covers the following fields : Enterpreneur Psychology, Social Psychology, ...