Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Pengaruh Strategi Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa

Sari, Intan Monika (Unknown)
HW, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis : (1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share(TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 1 Kartasura tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes.Teknik analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran TPS terhadap hasil belajar matematika, dengan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...