Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2016: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Eksperimentasi Pembelajaran dengan Model NHT dan TGT terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu

Sholikhah, Farida Umi (Unknown)
HW, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar. (3) interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Sampel penelitian diambil dengan Cluser Random Sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes kognitif. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan α = 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) ada pengaruh model Numbered Heads Together dan Teams games Tournament terhadap hasil belajar. 2) tidak ada pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar. 3) tidak ada interaksi antara model Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament serta kemampuan awal terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...