BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 2 No. 2 (2022)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 01 KEMU

Narul Ita Sari (Universitas Terbuka)
M. Rizal (Universitas Terbuka)
Muhammad Erfan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode demonstrasi pada anak Kelas V di SDN 01 Kemu. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu pengetahuan alam melalui metode demonstrasi pada siswa Kelas V di SDN 01 Kemu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subyek dalam adalah siswa Kelas V di SDN 01 Kemu yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan di setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan alam, pada materi gerak benda. Hal ini terlihat dari kemampuan guru mengelola hasil belajar siswa pada proses pembelajaran. Terlihat dari hasil Pretest dengan nilai rata-rata diperoleh nilai 48. Kemudian, nilai siswa meningkat dari hasil belajar siklus I menunjukka nilai ratarata Kelas V adalah 57 dan berada pada kategori cukup dan persentasenya adalah 35 %. Pada pembelajaran siklus II, hasil yang diperoleh semakin meningkat yaitu persentase ketuntasan mencapai 100% dengan nilai rata-rata yang diperoleh 84,5. Nilai ini menunjukkan adanya peningkatan dari hasil yang diperoleh pada pembelajaran siklus I. Hasil ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa di Kelas V di SDN 01 Kemu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...