BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 2 No. 2 (2022)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR MATERI STRUKTUR, BENTUK DAN FUNGSI DAUN

Siti Erwinsyah Sagala (Universitas Terbuka)
Muhammad Erfan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas empat Sekolah Dasar Negeri Teluk Pulai Dalam menunjukkan bahwa pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara maksimal karena guru masih menggunakan metode pembelajaran hafalan dan jarang menggunakan alat peraga. Metode ceramah sering dilupakan, membuat siswa kurang terlibat dalam penemuan konsep, teori, hukum dan prinsip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yang mana dalam proses pelaksanaan penelitiannya terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 114614 Teluk Pulai Dalam yang berjumlah 23 orang. Tes, grafik observasi guru dan siswa digunakan sebagai alat penelitian. Hasil penelitian ini dilakukan tidak kurang dari 2 siklus yaitu Tes Siklus I dan Siklus II dilakukan pada setiap akhir siklus untuk menilai peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 13 siswa (56,52%) yang mampu menjawab soal dengan benar. Yang lain belum siap. Namun setelah berakhirnya siklus II jumlah siswa mencapai 21 siswa (91,30%), 2 orang lainnya dapat menjelaskan namun tidak terlalu tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada ilmu struktur, bentuk dan fungsi daun di kelas IV SD Negeri 114614 Teluk Pulai Dalam berhasil karena meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...