Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ketut Sepdyana Kartini (STMIK STIKOM Indonesia)
I Nyoman Tri Anindia Putra (STMIK STIKOM Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implemetasi media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama IUPAC senyawa anorganik di SMAN 4 Denpasar. Metode penetilian yang digunakan adalah pretest-posttes group desain dengan sistem pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Perlakukan pada dua kelas sampel dibedakan dengan implementasi media pembelajaran interaktif berbasis android pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol tidak. Intsrumen yang digunakan adalah instrument tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t terhadap hasil belajar dengan diperoleh t hitung = 1,87 lebih besar dari t tabel = 1,67 di dukung dengan nilai N-gain dari kelas eksperimen sebesar 0,74 dibandingkan kelas kontrol. Selain itu hasil penelitian implementasi media pembelajaran interaktif berbasis android memiliki pengaruh sebesar 62,72% terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...