Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Susanti S (Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia)
Putri Ayu mutmainnah (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
Sry Agustina (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
Ruslan R (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kreativitas siswa pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dan menggunakan desain posttest-only control design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Bima. Populasi penelitian terdiri dari enam kelas dengan jumlah 142 siswa dan sampel diambil dari dua kelas yang utuh yaitu 23 siswa dari kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan model inkuiri terbimbing dan 23 siswa dari kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol dengan model penusan langsung, Pengambilan data menggunakan instrumen tes kreativitas siswa pada materi larutan penyangga. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 21 dengan hasil analisis yaitu persentase nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 7,3% dan hipotesis Sig. 0,001 < 0,05. Model inkuiri terbimbing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas siswa pada materi larutan penyangga.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...