Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA BIMA

Elfi Fitrah (Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia)
nurfidianty annafi (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)
putri ayu mutmainnah (Prodi Pendidikan Kimia STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh mind mapping terhadap penguasaan konsep kimia pada materi hidrokarbon siswa kelas XI MAN 1 Kota Bima yang terbagi dari 5 kelas dan terdiri dari 115 siswa dengan kelas XI IPA 5 (eksperimen ) dan kelas XI IPA 4 ( kelas kontrol). Pada kelas eksperimen diterapkan mind mapping sebagai sampel setelah sebelumnya pemilihan sampel ini menggunakan teknik non probality sampling dengan jenis purposiv sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Dari hasil pengolahan data dapat dilihat pengaruh mind mapping terhadap penguasaan konsep siswa. pengolahan data hasil penelitian menggunakan uji Mann Whitney U. Data nilai posttest penguasaan konsep siswa dapat dilihat dari nilai Asym sig. (2-tailed), yaitu 0,000 sehingga hipotesis H0 yang diajukan ditolak karena jika nilai asymp sig <0.05 Ha diterima. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mind mapping terhadap penguasaan konsep kimia pada materi hidrokarbon siswa kelas XI MAN 1 Kota Bima.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...