Mukaddimah: Jurnal Studi Islam
Vol. 7 No. 2 (2022): Juli-Desember

PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZ DALAM PENINGKATAN MINAT HAFAL QUR’AN DI MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT LAMPUNG

Fahima Rifki Zahara (Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta)
Ahmad Shofiyuddin Ichsan (Institut Ilmu Al Qur’an An Nur Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program tahfiz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di MI Miftahul Ulum Waringinginsari Barat Lampung, untuk mengetahui hasil pengelolaan program tahfiz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di sekolah tersebut, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan program tahfiz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil objek kelas 1 – kelas 6. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengelolaan program tahfiz dalam peningkatan minat hafal Al Qur’an sudah meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Hasil adanya pengelolaan program tahfiz dapat memberikan minat yang lebih dan semangat mereka yang sangat tinggi dalam menghafal. (3) Faktor pendukung dalam program tahfiz ini di antaranya kenyamanan atau ketenangan, dukungan dari guru dan antusiasnya dukungan dari wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya di antaranya faktor kedisiplinan baik guru maupun siswa, keterbatasan pengetahuan dan wawasan, dan siswa malas dalam menghafal. Kata Kunci : Pengelolaan, Program tahfiz, Madrasah Ibtidaiyah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mukaddimah

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Mukaddimah: Jurnal Studi Islam is a multidisciplinary academic journal published by Kopertais Region 3 Yogyakarta. The article published include Islamic studies that are reviewed from various perspectives, ranging from communication, anthropology, education, economics, sociology, philology, ...