Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah diterapkannya metode pembelajaranTalking Stick siswa Kelas V SD Negeri 4 Bangbang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus yang berjumlah 11 orang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Bangbang tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah untuk meganalisis deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif dengan kreteria keberhasilan nilai siswa mencapai rerata minimum 80 dan ketuntasan klasikal minimum 85%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Bangbang. Hal ini dapat dilihat skor rata – rata pada siklus I sebesar 64,27 dengan ketuntasan klasikal 64%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,18 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91% dan sudah mencapai target yang ditetapkan peneliti. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Bangbang Tahun Pelajaran 2018/2019
Copyrights © 2019