cover
Contact Name
Ni Wayan Sri Darmayanti
Contact Email
wyndarmayanti@gmail.com
Phone
+6285792572324
Journal Mail Official
wyndarmayanti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Muhammad Hatta, LC Subak Aya, Bangli, Bali 80613
Location
Kab. bangli,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
ISSN : 26857928     EISSN : 2798091X     DOI : -
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka hadir untuk mewadahi tulisan baik berupa artikel penelitian, artikel ilmiah, maupun kajian ilmiah lain yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar. Penggunaan Rare Pustaka sebagai nama jurnal ilmiah karena istilah "Rare" dapat diartikan anak yang mengandung makna anak pada pendidikan dasar dan kata "pustaka" merujuk pada wadah berupa jurnal. Diharapkan dengan menggunakan nama ini, jurnal khsusus untuk pendidikan dasar milik STKIP Suar Bangli mampu menjadi acuan untuk menerbitkan karya ilmiah yang berkaitan dengan ilmu pendidikan dasar.
Articles 119 Documents
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI KOGNITIF IPS SISWA KELAS V SD No. 1 SELAT TAHUN AJARAN 2018/2019 Anak Agung Putu Rasmiani; Pande Agus Adiwijaya; Cokorda Istri Agung Wijayanti
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.011 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif IPS tema sejarah peradaban Indonesia melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SD No. 1 Selat dengan siswa kelas V tahun ajaran 2018/2019 sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif dan kuantitaf dengan kriteria keberhasilan adalah nilai siswa mencapai minimum 75. Hasil yang diperoleh adalah, pada pra- siklus, nilai rata-rata siswa adalah 65.60 dengan ketuntasan klasikal hanya 23.68% yang tergolong belum tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 75.74 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63.16%, namun belum dapat dikatakan tuntas karena belum mencapai kriteria yang ditentukan. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 79.63 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 81.58%, dari data tersebut, dapat dikatakan tuntas da n sudah mencapai target yang ditetapkan peneliti. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran melalui pendekatan saintifik berbasis mind mapping dapat meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif IPS siswa kelas V SD No. 1 Selat tahun ajaran 2018/2019.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD KELAS V SDN 1 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ni Ketut Sari Yuliastini; Ni Putu Eni Astuti; Desak Putu Anom Janawati
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.499 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Abiansemal tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Abiansemal dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Abiansemal yang berjumlah 35 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPA. Metode pengumpulan data data dalam penelitian ini adalah tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik diskriptif kualitatif dengan criteria keberhasilan 82,8%. Hasil post tes awal menunjukkan nilai rata-rata 52,8, dengan ketuntasan belajar 25,7%. Hasil post tes siklus I menunjukan nilai rata-rata 64,2 dengan ketuntasan belajar 51,4%. Hasil siklus II dengan rata-rata 71,7 dengan ketuntasan belajar mencapai 82,8%.Temuan yang diperoleh dengan model pembelajaran STAD membuat siswa lebih aktif meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, model pembelajaran STAD mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, tahun pelajaran 2018/2019.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BANGBANG Tahun Pelajaran 2018/2019 Ni Made Arieni Kusuma Dewi; I Nyoman Sudirman; I Putu Oka Suardana
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.897 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa setelah diterapkannya metode pembelajaranTalking Stick siswa Kelas V SD Negeri 4 Bangbang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan dua siklus yang berjumlah 11 orang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Bangbang tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah untuk meganalisis deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif dengan kreteria keberhasilan nilai siswa mencapai rerata minimum 80 dan ketuntasan klasikal minimum 85%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Bangbang. Hal ini dapat dilihat skor rata – rata pada siklus I sebesar 64,27 dengan ketuntasan klasikal 64%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,18 dengan ketuntasan klasikal mencapai 91% dan sudah mencapai target yang ditetapkan peneliti. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Bangbang Tahun Pelajaran 2018/2019
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PENGIANGAN, SUSUT, BANGLI TAHUN AJARAN 2018/2019 Dewa Ayu Supilawati; Putu Beny Pradnyana; I Wayan Numertayasa
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.585 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Pengiangan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli di Kelas V Tahun Ajaran 2018/2019 semester 1 yang kemampuan siswa untuk mata pelajaran Matematika rendah.Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Pengiangan pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu mengikuti model Kurt Lewin yang mengandung empat tahapan pada setiap siklusnya. Keempat tahapan tersebut antara lain : 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (action), 3) pengamatan (observing), dan 4) refleksi (reflekting) sedangkan hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes instrumen berupa soal pilihan ganda yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor dari 71,36 dengan ketuntasan 40,91% pada refleksi awal menjadi 74,55 dengan ketuntasan 63,64% pada akhir siklus I dan menjadi 78,64 dengan ketuntasan 100% pada akhir siklus II. Pada akhir siklus II rata-rata skor sudah melampau KKM (75,00). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 1 JEHEM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Ni Kadek Tina; I Wayan Numertayasa; Putu Eni Astuti
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.725 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan metode pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jehem Tahun Ajaran 2017-2018. Sedangkan data tentang ketuntasan belajar siswa diperoleh dengan membandingkan nilai ulangan harian siswa dengan nilai KKM (nilai KKM 6,8). Adapun teknik pengumpulan data dengan metode observasi, hasil tes somatif kelas IV dan hasil tes awal di kls IV. Kegiatan analisis data terdiri atas kegiatan pengolahan data dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa data awal yang diperoleh menunjukkan dari 33 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dan setelah dilakukan tindakan dalam dua kali pertemuan pada siklus I menurun menjadi 10 siswa dan siklus II turun bahkan tidak ada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 63,64 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,00. Hasil penelitian tersebut menjadi bukti kebenaran hipotesis yang disampaikan peneliti bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) jika dalam pelaksanaannya guru dapat berperan secara maksimal maka dapat memberi jawaban atas permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran yang menyangkut rendahnya prestasi belajar siswa
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN POJOK LITERASI DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 2 BUAHAN KINTAMANI Ni Kadek Anggrila Asih; I Wayan Numertayasa; I Nyoman Sudirman
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.13 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) efektivitas pojok literasi di SDN 2 Buahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekola, seluruh siswa kelas 4-6 berjumlah 9 orang dan guru wali kelas 4-6. Metode penelitian ini menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan efektivitas literasi ddalam pembelajaran siswa di SDN 2 buahan.
ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN KARAKTER (PPK) DI KELAS TINGGI (4,5,6) DI SD NEGERI 2 CEMPAGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Ni Putu Nika Arista; I Putu Beny Pradnyana; I Wayan Numertayasa
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.028 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) di SD Negeri 2 Cempaga. Variabel dalam penelitian ini mencakup (1) Perencanaan program PPK, (2) Pelaksanaan program PPK, dan (3) Evaluasi program PPK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket tertutup, teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan simpangan Baku (Standard Deviasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program PPK di SD Negeri 2 Cempaga tergolong sangat baik terlihat dari hasil data yang di peroleh dari kepala sekolah dan guru serta siswa. Hasil data yang diperoleh dari kepala sekolah dan guru tingkat keterlaksanaan perencanaan program PPK mencapai 85,71%, pelaksanaan program PPK mencapai 89,29%, dan evaluasi program PPK mencapai 93,75%. Hasil data yang di peroleh dari siswa, tingkat keterlaksanaan program PPK mencapai 88,89%, pelaksanaan program PPK 93,33%, Evaluasi program PPK mencapai 80,95%.
PELAKSANAAN LITERASI PADA TAHAP PENGEMBANGAN KELAS RENDAH SD NEGERI 2 CEMPAGA TAHUN AJARAN 2020/2021 Ida Idewa Agung Ayu Kerti Wahyuni; Ni Putu Eni Astuti; Pande Agus Adiwijaya
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.069 KB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan penerapan literasi pada tahap pengembangan di kelas rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta sisik Kelas rendah tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 40 orang. Populasi tersebut terdiri atas 37 peserta didik, 1 kepala sekolah dan 2 orang guru wali kelas rendah. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup teknik wawancara untuk memperoleh data dan informasi tentang pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan Pelaksanaan Literasi Pada Tahap Pengembangan Di Kelas Rendah di SD Negeri 2 Cempaga Sudah tergolong baik, hal ini di dukung oleh hasil penelitian peneliti dengan metode wawancara yang dilaksanakan dengan menggunakan google form yang telah dibagikan ke masing masing responden yang menunjukan bahwa pelaksanaan literasi pada tahap pengembangan di kelas rendah sudah terlaksana dengan baik, peserta didik kelas rendah sangat antusias dan senang dengan kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai hasil positif dari kegiatan ini adalah peserta didik mampu dalam meningkatkan kualitas membaca dan menambah kosakata baru khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SEKOLAH DASAR NOMOR 2 BONGKASA TAHUN AJARAN 2019/2020 I Gusti Ayu Widi Sumayanthi
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.474 KB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV semester I Sekolah Dasar Nomor 2 Bongkasa melalui penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret pada pembelajaran pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan/atau evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester I Sekolah Dasar Nomor 2 Bongkasa Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 31 orang. Objek dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV semester I Sekolah Dasar Nomor 2 Bongkasa Tahun Pelajaran 2019/2020. Data hasil aktivitas belajar dikumpulkan melalui lembar observasi dan data mengenai hasil belajar dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi pecahan bagi siswa kelas IV semester I Sekolah Dasar Nomor 2 Bongkasa. Rata-rata aktivitas belajar pecahan bagi siswa pada siklus I mencapai 63,3% dengan kategori cukup aktif dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata aktivitas belajar pecahan bagi siswa adalah sebesar 77,8% dengan katergori aktif. Untuk hasil belajar pecahan bagi siswa juga mengalami peningkatan terbukti dari tes awal rata-rata persentase hasil belajar pecahan bagi siswa hanya mencapai 48,75% dengan kategori kurang, kemudian siklus I rata-rata hasil belajar pecahan bagi siswa mengalami peningkatan sebesar 64,28% dengan kategori cukup, dan di akhir siklus II rata-rata hasil belajar pecahan bagi siswa mencapai 78,57% dengan kategori baik
KEMAMPUAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SDN 2 BUAHAN Ni Made Nopi Yanti; Pande Adiwijaya; I Nengah Sueca
Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.155 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kemampuan literasi dasar dalam pembelajaran membaca permulaan, untuk mengetahui (2) untuk mengetahui kendala-kendala kemampuan literasi dalam pembelajaran membaca permulaan kelas 1 SDN 2 Buahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif & kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 berjumlah 6 orang dan guru wali kelas. Metode penelitian ini menggunakan metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi dasar dalam pembelajaran membaca permulaan kelas1 SDN 2 buahan kategori baik dengan nilai rata-rata 68, (2) kendala-kendala kemampuan literasi dalam pembelajaran membaca permulaan dipengaruhi 2 faktor yaitu, faktor internal yang ada didalam diri siswa tersebut, seperti faktor minat dan faktor motivasi, sedangkan faktor eksternal yang ada diluar diri siswa tersebut, seperti faktor sosial ekonomi, lingkungan, dan bahan bacaan.

Page 1 of 12 | Total Record : 119