Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka
Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka

ANALISIS TINGKAT KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Putu Luvita Surya Wulandari (STKIP Suar Bangli)
I Putu Oka Suardana (STKIP Suar Bangli)
I Nyoman Sudirman (STKIP Suar Bangli)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Analisis Tingkat Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas I SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pikiran dalam pengembangan, pembinaan, dan peningkatan mutu pengajaran berbahasa terutama dalam Analisis Tingkat Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas I SD.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini hanya dilakukan di dua Sekolah dasar dari 6 sekolah dasar yang ada di gugus II Kecamatan Bangli, karena hanya dua sekolah dasar saja yang memiliki siswa kelas I yang kesulitan membaca. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli - Oktober 2020.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah kesulitan dalam membaca kata yang tidak mempunyai arti dengan rata-rata 18 Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek membaca kata bermakna dengan rata-rata 25. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan rata-rata 28. Sedangkan aspek mengenal huruf dan menyimak (pemahaman mendengar) siswa tidak ada yang mengalami kesulitan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

rarepustaka

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka hadir untuk mewadahi tulisan baik berupa artikel penelitian, artikel ilmiah, maupun kajian ilmiah lain yang berkaitan dengan bidang Pendidikan Dasar. Penggunaan Rare Pustaka sebagai nama jurnal ilmiah karena istilah "Rare" dapat diartikan anak yang mengandung ...