Penelitian ini untuk mengetahui Analisis Tingkat Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas I SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangan pikiran dalam pengembangan, pembinaan, dan peningkatan mutu pengajaran berbahasa terutama dalam Analisis Tingkat Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas I SD.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini hanya dilakukan di dua Sekolah dasar dari 6 sekolah dasar yang ada di gugus II Kecamatan Bangli, karena hanya dua sekolah dasar saja yang memiliki siswa kelas I yang kesulitan membaca. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli - Oktober 2020.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah kesulitan dalam membaca kata yang tidak mempunyai arti dengan rata-rata 18 Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada aspek membaca kata bermakna dengan rata-rata 25. Kesulitan lain yang dialami peserta didik adalah kesulitan dalam kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan rata-rata 28. Sedangkan aspek mengenal huruf dan menyimak (pemahaman mendengar) siswa tidak ada yang mengalami kesulitan.
Copyrights © 2020