Jurnal Studi Islam dan Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2022)

STRATEGI PENERAPAN METODE KISAH DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI TPA MASJID AN-NUR KERTOSARI BABADAN PONOROGO

Marwan Marwan (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)
Fadhilah Rahmawati (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2022

Abstract

Pembinaan akhlak merupakan pembentukan perilaku anak melalui pembiasaan yang terwujud dalam keadaan sehari-hari, hal tersebut untuk mempersiapkan sedini mungkin dalam mengembangkan sikap dan perilaku. Pada anak-anak, nilai moral akan terlihat dari mampu tidaknya seorang anak membedakan antara yang baik dan buruk. Untuk membina akhlak tersebut dibuatlah wadah berupa TPA Masjid An-Nur dimana dalam penerapan pembinaannya menggunakan metode kisah. Penelitian ini bertujuan untuk, (1). Untuk mendeskripsikan penerapan metode kisah dalam membina akhlak anak di TPA Masjid An-Nur Kertosari Babadan Ponorogo. (2). Mendeskripsikan strategi penerapan metode kisah dalam membina akhlak anak di TPA Masjid An-Nur Kertosari Babadan Ponorogo. (3). Untuk mengetahui hambatan dari strategi penerapan metode kisah dalam membina akhlak anak di TPA Masjid An-Nur Kertosari Babadan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus.Penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut.Studi kasus dapat terdiri atas satu unit atau lebih dari satu unit, tapi merupakan kesatuan.Dalam studi kasus digunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, studi documenter semuanya difokuskan untuk mendapatkan kesatuan data dan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kisah dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan sehingga materi mudah untuk difahami oleh anak dan dalam penerapannya metode kisah dapat memberikan pengaruh terhadap anak dalam kehidupannya sehari-hari.Guru/ustadz berperan penting dari strategi penerapan metode kisah di TPA Masjid An-Nur Kertosari Babadan Ponorogo. Hambatan dari strategi penerapan metode kisahyaitu hambatan waktu, hambatan pengelolaan kelas dan hambatan alat untuk berkisah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jusma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Fokus kajian jurnal ini pada studi Islam dengan pendekatan multidisipliner dari kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Penyuluhan Islam, dan Sejarah Peradaban ...