Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap peduli lingkungan siswa dengan implementasi pembelajaran IPA terpadu tipe nested berpendekatan SETS pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif desain Pre Experiment dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Klampis berjumlah 22 siswa semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan data menggunakan angket sikap peduli lingkungan sebanyak 25 item pernyataan dengan indikator pengelolaan sampah, sikap terhadap energi, sikap terhadap air udara dan tanah, sikap terhadap flora dan fauna, sikap terhadap manusia dan lingkungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sikap peduli lingkungan siswa sebelum pembelajaran berada pada kategori rendah dan baik, sedangkan setelah pembelajaran berada pada kategori baik dan sangat baik. 2) Rata-rata sikap peduli lingkungan siswa sebelum pembelajaran sebesar 69,09 dan setelah pembelajaran meningkat menjadi 83,17. 3) Uji hipotesis menunjukkan bahwa Signifikansi 0,000 0,05 dapat dikatakan ada perbedaan sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran.
Copyrights © 2022