Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-A UPTD SMPN 1 Tragah yang berjumlah 30 siswa semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa five-tier diagnostic test. Hasil tes siswa kemudian dianalisis menjadi 6 kategori yaitu, paham konsep (SC), paham konsep sebagian (ASC), kurang pengetahuan (LK), tidak paham konsep (NU), miskonsepsi (MSC), dan eror (UnC). Berdasarkan hasil analisis diperoleh persentase siswa yang paham konsep sebesar 8,33%, paham konsep sebagian sebesar 0,67%, kurang pengetahuan sebesar 44,67%, tidak paham konsep sebesar 4,00%, miskonsepsi sebesar 38,33%, dan eror sebesar 4,00%.
Copyrights © 2022