Natural Science Education Research (NSER)
Science Education National Conference 2022

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Sofia Nur Haliza (Unknown)
Wiwin Puspita Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-A UPTD SMPN 1 Tragah yang berjumlah 30 siswa semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa five-tier diagnostic test. Hasil tes siswa kemudian dianalisis menjadi 6 kategori yaitu, paham konsep (SC), paham konsep sebagian (ASC), kurang pengetahuan (LK), tidak paham konsep (NU), miskonsepsi (MSC), dan eror (UnC). Berdasarkan hasil analisis diperoleh persentase siswa yang paham konsep sebesar 8,33%, paham konsep sebagian sebesar 0,67%, kurang pengetahuan sebesar 44,67%, tidak paham konsep sebesar 4,00%, miskonsepsi sebesar 38,33%, dan eror sebesar 4,00%. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...