Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa ada siswa di MAS TI Candung yang memiliki harga diri rendah. Konselor sekolah merupaksan salah satu pihak yang berupaya membantu siswa dalam meningkatkan harga dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkatan harga diri sisiwi di MAS TI Candung serta untuk melihat keefektivan konseling kelompok pendekatan Adlerian untuk meningkatkan harga diri siswi di MAS TI Candung. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimen dengan bentuk desain The One-Group Pre-Test Post-Test. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MAS TI Candung yang berjumlah tujuh orang yang memiliki harga diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala harga diri. Data dianalisis menggunakan uji t paired dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25 dan uji N-Gain.Temuan penelitian menunjukkan bahwa harga diri siswi kelas X di MAS TI Candung sebelum diberikan bimbingan kelompok pendekatan Adlerian (pretest) berada pada kategori rendah dan sesudah diberikan konseling kelompok pendekatan Adlerian (posttest) berada pada kategori sedang. Hal ini mengungkapkan terdapat perbedaan harga diri sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan Adlerian, jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok pendekatan Adlerian efektif dalam menigkatkan harga diri siswi di MAS TI Candung. Oleh karena itu Konselor sekolah disarankan untuk dapat mengembangkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan konseling kelompok pendekatan Adlerian untuk membantu meningkatkan harga diri siswi.
Copyrights © 2023