Masalah kreativitas belajar siswa yang tergolong rendah, metode mengajar bersifat monoton sehingga membosankan, dan rendahnya hasil belajar biologi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kreativitas belajar biologi siswa meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Sedangkan metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Hasil tes belajar pada siklus I yang lulus dengan nilai di atas KKM hanya 12 orang (44,44%). Sedangkan dari hasil penelitian di siklus II ini peneliti menyimpulkan bahwa penelitian cukup sampai di siklus ini karena peningkatan siswa sudah mencapai 77,77% atau 21 orang dari 27 orang siswa termasuk pada kategori baik. Hasil observasi belajar biologi selama kegiatan penelitian belajar mengajar dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) siklus I dengan persentase (75%) dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan persentase (87,5%) dengan demikian minat belajar siswa termasuk kategori baik. Hasil angket kreativitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus I dengan persentase (62,96%), sedangkan pada siklus II dengan persentase (96,3%) hasil ini termasuk kategori baik. Berdasarkan data di atas kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SMA Negeri 1 Angkola Barat.
Copyrights © 2023