Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 14, No 1 (2022): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Peningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

Desi Heliyanty (SMP Negeri 13 Kota Bogor)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas berdasarkan keluhan beberapa guru  dan data guru pembimbing yang menyatakan peserta didik  cenderung kurang mampu dalam bersosialisasi sehingga keberhasilan belajarnya rata-rata lebih rendah dari kelas lainnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok dan mengetahui tingkat interaksi sosial siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok  untuk meningkatkan interaksi sosial dan mengetahui tingkat efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk interaksi sosial peserta didik. Layanan Bimbingan kelompok  untuk meningkatkan interaksi sosial siswa diujicobakan kepada 15 anak sebagai subjek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial siswa. Metode penelitian ini  digunakan melalui angket dan observasi di kelas. Analisis data yang digunakan dengan metode kualitatif. Kesimpulan  dari penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap hubungan social peserta didik, karena dalam pelaksanaannya peserta didik sebagai anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk melatih diri dalam mengemukakan pendapat, saling menghargai dan menciptakan dinamika kelompok yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mengembangkan hubungan social dengan teman sebaya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The scope of our journal includes (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education, (7) Visual arts, dance, music, ...