Pentingnya peranan media pada proses pembelajaran mengharuskan para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan berbagai media sesuai dengan karakteristik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap minat belajar tematik peserta didik kelas V SDN 28 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu quasi experimental tipe nonequivalent control group desain. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 28 Mtaram yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar angket sebanyak 15 pernyataan, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data diperoleh hasil angket siswa sebelum menggunakan media interaktif animasi rata-rata skor siswa 27,37 dan setelah menggunakan media interaktif animasi rata-rata skor siswa 48,06. Diketahui bahwa skor hasil rata-rata posttest lebih besar dari skor hasil pretest. Dan berdasarkan hasil hipotesa dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai 0,05 signifikan level karena selang kepercayaan yang dikehendaki adalah 95% dalam penelitian ini nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan HA diterima. HA menyatakan bahwa nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil, dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media animasi dengan minat belajar siswa.
Copyrights © 2023