Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP-CO-OP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 13 PADANG GELANGGANG

Fadhilah (Universitas Negeri Padang)
Desyandri (Univeritas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada kelas V SDN 13 Padang Gelanggang, selama ini guru hanya memakai metode ceramah dan penugasan. Pada pembelajaran guru mendominasi pada aktivitas belajar mengajar sedangkan sisa hanya berperan menjadi pendengar. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kurang aktif pada pembelajaran. Hal ini berdampak kepada hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe Co-op Co-op di kelas V SDN 13 Padang Gelanggang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Padang Gelanggang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang. Hasil penelitian siklus I menunjukkan persentase nilai ketuntasan belajar siswa secara perorangan dengan pesentase ketuntasan adalah 64%. Ketuntasan belajar perorangannya adalah 45,8% dan yang belum tuntas adalah 54,2% hal ini tidak sesuai dengan kriteria keberhasilan, sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa meningkat dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Persentase siswa yang tuntas adalah 79,2% dan siswa yang tidak tuntas adalah 20,8%, dan persentase rata-rata adalah 81%. Sehingga dapat disimpulkan Pelaksanaan Pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap-tahap cooperative learning tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan hasil belajar siswa kellas V SDN 13 Padang Gelanggang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...