Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI TARI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) SISWA KELAS V

Nana Sumarna (IKIP SILIWANGI)
Asep Samsudin (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Cimahi)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Rendahnya siswa terhadap kreativitas seni tari melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Visual Auiditory Kinestetic (VAK) pada pembelajaran seni tari kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar, dengan sampel sebanyak 43 orang siswa. Penelitian ini memnggunakan metode Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis & McTaggart. Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Skor hasil pre tes sebesar 9% dengan nilai rata-rata 52,48 ; (2) Skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71% dengan jumlah skor 63 dan pada siklus II sebesar 75% dengan nilai jumlah skor 66; (3) Skor aktivitas guru pada siklus I sebesar 86% dengan jumlah skor 76 dan pada siklus II sebesar 89% dengan nilai jumlah skor 78; 4) Skor hasil post tes sebesar 93% dengan nilai rata-rata 79,67 ; Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas dan hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II aktivitas dan hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai. Model pembelajaran VAK harus digunakan lebih teratur dalam pembelajaran seni tari untuk melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...