Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Vol. 6 No. 3 (2022): Oktober

Media Pembelajaran Interaktif Klasifikasi Hewan di Sekolah Dasar

Setiawan, I Made Dedy (Unknown)
Putra, Ryan Pratama (Unknown)
Sugiartawan, Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Kegiatan pembelajaran peserta didik kurang mampu memahami materi pelajaran tentang klasifikasi hewan. Sementara guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik menggunakan buku ajar dengan metode ceramah, tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang relevan, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran interaktif klasifikasi hewan di SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 2 ahli pakar dan 32 orang. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan kuisioner. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji ahli konten diperoleh persentase skor 80,25% dengan kualifikasi baik, hasil uji ahli media dan desain diperoleh persentase skor 88,75% dengan kualifikasi baik, serta hasil uji coba kelompok diperoleh persentase skor 85, 83% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif tentang klasifikasi hewan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas 3 SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPSH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical ...