Kurikulum 2013 berdampak terhadap guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian di sekolah dasar. Dampak diterapkannya Kurikulum 2013 penilaian pembelajaran di sekolah dasar mengalami penataan pada standar penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada Kurikulum 13 ini guru harus mampu menerapkan dan mengembangkan penilaian autentik dalam berbagai situasi. Penilaian pada Kurikulum 2013 ini siswa tidak hanya dinilai dari aspek kognitifnya saja akan tetapi juga diamati pula keaktifan dan sikap-sikapnya ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Penerapan penilaian autentik dalam kegiatan pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 dimaksudkan agar pembelajaran benar-benar mencakup berbagai perkembangan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam melakukan penilaian autentik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di sekolah dasar sudah mampu melaksanakan penilaian autentik, yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Copyrights © 2021