cover
Contact Name
Myrna Apriany Lestari
Contact Email
myrna@uniku.ac.id
Phone
+6282319192046
Journal Mail Official
prosiding.pgsd@uniku.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - FKIP UNIKU Jl.Cut Nyak Dhien No.36 A, Cijoho, Kuningan. Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan
Published by Universitas Kuningan
Core Subject : Education, Social,
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan sarana publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi PGSD FKIP Universitas Kuningan melalui kegiatan Seminar Nasional yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Tema kegiatan Seminar Nasional yaitu pendidikan dasar, karakter anak, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kurikulum pembelajaran dan topik lain yang relevan dengan kondisi pendidikan dasar pada saat kegiatan seminar diselenggarakan. Pembicara/narasumber seminar adalah para ahli, praktisi, dan para pemangku kebijakan. Peserta kegiatan terdiri dari peserta biasa dan peserta pemakalah. Makalah yang dihasilkan melalui seminar dipublikasikan dalam prosiding ber-ISSN. Kegiatan ilmiah ini diharapkan dapat memberikan nilai kebermanfaatan, bagi mahasiswa, alumni, guru, dosen, seluruh peserta seminar nasional, serta masyarakat pada umumnya.
Articles 26 Documents
EVALUASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Fawwaz Noor Amirul Huda; Ratna Utaminingrum; Hanifah Ikhsanawati
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.703 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.3

Abstract

Pandemi Covid-19 telah hampir dua tahun terjadi di Indonesia dan sejak awal pandemi diumumkan Pemerintah. Perubahan besar terjadi dalam tatanan kehidupan masyarakat tak terkecuali dalam tatanan pendidikan. Dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 mengharuskan siswa melaksanakan belajar dari rumah (BDR) guna mempercepat penanganan pandemi Covid-19. BDR dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platfrom digital yang banyak berkembang saat ini. Evaluasi pembelajaran pun tak luput dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang tersedia saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi literature dan observasi online dan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring memiliki dampak positif san negatif. Dampak positifnya ialah melatih kemandirian siswa dalam belajar, meningkatkan inovasi dalam pembelajaran yaitu siswa tidak hanya berfokus terhadap satu sumber yang dominan yaitu guru, melatih berpikir kritis. Dampak negatifnya ialah dengan sistem dan ketentuan belajar saat ini membuat kejenuhan pada siswa yang berdampak pada penurunan minat belajar, guru mengalami tuntutan untuk mengadakan pembelajaran yang efektif akan tetapi terhambat dengan sarana penunjang yang masih terbatas, belum semua siswa dapat menikmati pembelajaran secara optimal dikarenakan keterbatasan perangkat daring berupa hp, laptop, ataupun kuota yang belum dapat mencover jalannya pembelajaran secara efektif. Dalam mengatasi hal ini solusi yang dapat dilakukan pembelajaran ini ialah dengan menyediakan pembelajaran Blended Learning. Hal ini bertujuan agar dapat menunjang pembelajaran daring dengan menciptakan pembelajaran digital yang efektif dan efisien yang dapat menunjang strategi inovatif dan bersinergi antar komponen pendidikan.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INSTITUT AGAMA ISLAM MA'ARIF NU (IAIMNU) METRO LAMPUNG Adi Susanto; Endah Yuliani
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.695 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.6

Abstract

Provinsi Lampung memiliki banyak perguruan tinggi swasta berkualitas yang terakreditasi oleh BAN-PT. Banyaknya PTN yang hadir di provinsi lampung, tidak serta merta membuat PTS sepi peminat, banyak PTS tetap eksis dan bahkan mampu bersaing dipasar pendidikan tinggi. Ini terjadi karna inovasi dan pemasaran yang tepat sasaran. Terbatasnya kursi di PTN serta faktor-faktor lain, membuat banyak masyarakat lampung dan sekitarnya memilih melanjutkan studi di sejumlah perguruan tinggi swasta di provinsi lampung. Banyaknya opsi strategi penasaran memberikan banyak pilihan kepada perguruan tinggi swasta di lampung untuk mengembangkan institusinya dari segi jumlah mahasiswa, baik dalam skala kecil maupun skala besar, termasuk IAIMNU Metro Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan narasi deskriptif, objek penelitian adalah IAIMNU Metro Lampung dan mahasiswa dari kampus tersebut. Hasil penelitian menunjukan IAIMNU Metro Lampung tidak dipandang sebagai kelas atas, yang cenderung mahal dan mewah, dan tidak pula dianggap kelas bawah, yang yang terkesan tidak bermutu, serta demografi responden sangat berpengaruh pada keesuaian strategi pemasaran yang digunakan, kampus dengan biaya terjangkau / low cost menjadi strategi pemasaran utama, biaya dan sistem pendidikan adalah proxy untuk model promosi word of mouth, serta ditunjang dengan memaksimalkan sistem teknologi.
IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK Sri Yulia Sari; Aris Dwi Nugroho; Meira Dwi Indah Purnama
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.986 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.7

Abstract

Fokus artikel ini adalah adalah pada implementasi teori humanistik didalam mengembangkan bakat dan kreativitas siswa, Teori humanisme merupakan konsep belajar yang lebih melihat pada sisi perkembangan kepribadian manusia. Berfokus pada potensi manusia untuk mencari dan menemukan kemampuan yang mereka punya dan mengembangkan kemampuan tersebut.Teori belajar humanistik sifatnya sangat mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses belajar itu. Impelemsntasi teori humanistik adalah berusaha menggali potensi diri sendiri dan mengenali diri sendiri, selanjutnya dengan paham akan potensinya siswa dapat dengan maksimal untuk berkreativitas dan mmengaktualisasikan bakat yang ada pada dirinya.
KECURANGAN AKADEMIK (ACADEMIC FRAUD) PADA PEMBELAJARAN DARING Yindi Cardina; Kristiani; Khresna Bayu Sangka
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.209 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.8

Abstract

Pembelajaran daring sudah tidak asing lagi, terutama pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Pembelajaran secara daring bertujuan untuk memindahkan kelas dalam dunia digital. Adanya pembelajaran daring memunculkan berbagai kekhawatiran, diantaranya masalah literasi digital, pemerataan akses, dan perilaku akademik yang tidak etis. Salah satu aspek yang dikhawatirkan yaitu masalah perilaku akademik yang tidak etis. Perilaku tidak etis tersebut adalah kecurangan akademik (academic fraud). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku academic fraud selama penerapan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan library research dengan teknik studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring, sebagian besar siswa melakukan berbagai bentuk kecurangan akademik (academic fraud). Siswa masih melakukan academic fraud meskipun mereka tahu bahwa tindakan tersebut tidak etis. Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi siswa melakukan academic fraud, baik faktor internal seperti kepribadian dan faktor external seperti pengaruh lingkungan. Walaupun demikian, berbagai solusi dan strategi diberikan untuk meminimalkan tindakan academic fraud, diantaranya mengubah bentuk asesmen untuk pembelajaran daring.
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PELAJARAN GERAK BENDA SDK KELAS III MANUMUTI DENGAN PENDEKATAN PROSES Marsela Luruk Bere
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.132 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.9

Abstract

Kreativitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran jarak jauh sangat diharapkan dimasa pandemi agar kompetensi guru dapat tercapai dengan maksimal, apalagi siswa dituntut belajar secara daring (Online), namun tuntutan ini tidak diterapkan secara maksimal oleh semua sekolah yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi kendala bagi siswa dan guru seperti yang sedang dihadapi oleh siswa SDK Manumuti di Malaka NTT karena kekurangan akses internet dan sarana handphone. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan alternatif lain yang lebih mudah dijangkau oleh siswa dan guru yaitu media alat peraga dari bahan alam untuk pelajaran gerak benda dengan pendekatan proses, yang mana pendekatan ini menuntut psikomotorik siswa dan guru lebih aktif. Dalam pengaplikasian guru menyiapkan media alat peraga gerak benda lalu mendemostrasikan dan menanyakan kepada siswa apa yang di lihat, lalu siswa menduga (hipotesis) dan mempresentasikan, setelah itu guru menyimpulkan sesuai dengan topik materi gerak benda. Berdasarkan hasil penilaian LKS untuk 15 siswa selama proses pembelajaran siklus I yaitu 30% dan siklus II yaitu 80% dari rata-rata siswa. Dapat disimpulkan bahwa Siklus I belum maksimal tercapai hasil pembelajaran disebabkan media yang digunakan masih baru bagi mereka sehingga perlu penyesuaian, sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan karena media yang digunakan menarik dan siswa sudah terbiasa sehingga siswa mudah memahami.
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD DI KLATEN PADA MASA COVID 19 Sri Suwartini; Nela Rofisian
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.955 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif menggunakan analisis data kualitatif sehingga menjadi paparan data yang mudah di pahami. Pembelajaran pada sekolah dasar atau madrasah ibtidiyah ( MI ) dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi yang di pakai seperti google classroom, zoom, google meet dan whatsapp group. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajanr siswa pada masa covid-19. Responden yang diambil adalah siswa, guru dan orang tua siswa SD di Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sangat bepengaruh terhadap minat belajar siswa, Dari 15 siswa disiklus I mengalami peningkatan dari 78,5% menjadi 85% dari 7 yang tidak tuntas yaitu 22 % menjadi 3 sebesar 15%.
MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 (SURVEI PADA SISWA DI MTSN 2 KARAWANG) Yayat Suharyat; Cucu Masruroh
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.579 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.11

Abstract

Ikhtiar warga sekolah (Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Pendukung Pendidikan) agar pembelajaran masa pandemik berjalan optimal terus dilakukan. Keluhan siswa yang jenuh sehingga partisipasi pembelajaran belum maksimal menjadi sebuah kondisi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, hubungan variabel penggunaan blended learning dengan motivasi belajar siswa, perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa, dan hubungan penggunaan blended learning dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan motivasi belajar siswa selama masa covid 19. Metode Blended dalam pembelajaran ikhtiar membuat pembelajaran lebih bersemangat baik bagi guru maupun siswa, perhatian orang tua untuk memenuhi kebutuhan dasar anak dalam bersekolah, membimbing belajar anak, memperhatikan prestasi belajar anak, sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa giat belajar pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi belajar. Orang tua yang memberikan perhatian yang tinggi kepada anaknya akan membuat anak lebih bersemangat dan termotivasi dalam belajar sehingga mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berupaya mendapatkan data yang terjadi dimasa lampau dan saat ini, tentang keyakinan, pendapat, karakteristik, perilaku, hubungan variabel dan untuk menguji beberapa hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan variabel X1 (Pembelajaran Blendeed Learning) dengan Motivasi belajar Siswa (Y), dengan besaran korelasi 0,421. Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel Perhatian Orang Tua (X2) dengan nilai korelasi 0,627. Hubungan simultan variabel X1 (Pembelajaran Blendeed Learning), Variabel X2 (Perhatian Orang Tua) dengan Y (Motivasi Belajar Siswa), nilai signifikansinya sebesar 0,410. Kepala sekolah diharapkan dapat menyelenggarakan metode blended learning secara baik karena berdampak positif bagi guru maupun siswa secara langsung.
PERANAN GURU PROFESIONALISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 Yuventius Tamelab
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.132 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.12

Abstract

Ujung tombak dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah Guru. Oleh sebab itu dalam memberikan motivasi kepada siswa harus mampu meningkatkan kualitas pendidikan demi mencerdarkan kehidupan anak bangsa. Guru profisionalisme berperan menjadi hal terpenting terutama dalam situasi masa pandemi covid-19 saat ini untuk mendorong siswa dalam melakukan sesuatu dan guru tentu sangatlah perlu menumbuhkan semangat dan motivasi belajar peserta didik untuk memperoleh hasil belajar yang optimal demi tercapainya suatu tujuan tertentu.
IMPLEMENTATION OF YUDHISTIRA SUPPORT CHARACTER VALUE AT MUHAMMADIYAH GIRIKERTO ELEMENTARY SCHOOL Yeyen Febrilia; Niswi Mukarromah
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.645 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter tokoh wayang Yudhistira dan implementasi nilai karakter wayang Yudhistira di SD Muhammadiyah Girikerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nilai karakter peserta didik SD Muhammadiyah Girikerto. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik SD Muhammadiyah Girikerto mampu memiliki karakter sesuai dengan nilai karakter tokoh wayang Yudhistira. Adapun nilai karakter yang terkandung dalam tokoh wayang Yudhistira yaitu: 1) Religius, 2) Kepemimpinan, 3) Jujur, dan 4) Tanggungjawab. Implementasi nilai karakter tokoh wayang Yudhistira dilakukan melalui: 1) Pembuatan perangkat pembelajaran, 2) Proses pembelajaran seperti memimpin doa, pengumpulan tugas, dan keaktifan di kelas, serta 3) Penerapan nilai karakter peserta didik di lingkungan sekolah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah karakter tokoh wayang Yudhistira mengandung nilai-nilai karakter yang baik sehingga dapat digunakan sebagai pembentukan karakter pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat saran yang dikemukakan oleh penulis, yaitu penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang Yudhistira tidak hanya sebatas kegiatan pembelajaran di kelas tetapi dapat diimplementasikan di lingkungan sekitarnya.
KEMAMPUAN GURU DI SEKOLAH DASAR DALAM MELAKUKAN PENILAIAN AUTENTIK Isna Rahmawati; Putri Zudhah Ferryka
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Prosiding Seminar Nasional PGSD
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.683 KB) | DOI: 10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.15

Abstract

Kurikulum 2013 berdampak terhadap guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian di sekolah dasar. Dampak diterapkannya Kurikulum 2013 penilaian pembelajaran di sekolah dasar mengalami penataan pada standar penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada Kurikulum 13 ini guru harus mampu menerapkan dan mengembangkan penilaian autentik dalam berbagai situasi. Penilaian pada Kurikulum 2013 ini siswa tidak hanya dinilai dari aspek kognitifnya saja akan tetapi juga diamati pula keaktifan dan sikap-sikapnya ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Penerapan penilaian autentik dalam kegiatan pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 dimaksudkan agar pembelajaran benar-benar mencakup berbagai perkembangan potensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam melakukan penilaian autentik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di sekolah dasar sudah mampu melaksanakan penilaian autentik, yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Page 1 of 3 | Total Record : 26