Yupa: Historical Studies Journal
Vol 6 No 2 (2022)

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMK Negeri 17 Samarinda

Ika Tusyani (Unknown)
Muhammad Azmi (Universitas Mulawarman)
Jamil Jamil (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penerapan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satunya memanfaatkan aplikasi quizizz dalam proses pembelajaran sejarah. Aplikasi quizizz merupakan media pembelajaran berbasis game edukatif yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi quizizz dalam pembelajaran sejarah serta minat peserta didik selama menggunakan aplikasi quizizz. Selain itu, untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi quizizz. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 17 Samarinda. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, survei, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi quiziz sangat bermanfaat pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 17 Samarinda, siswa menjadi lebih tertarik belajar sejarah selama menggunakan aplikasi quizizz sehingga mampu meningkatkan hasil belajar, dan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi quizizz di kelas X SMK Negeri 17 samarinda belum dikembangkan secara maksimal dalam proses pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

yupa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Yupa: Historical Studies Journal publishes articles for four aspects below. Historiography means the writing of history based on the critical examination of sources, the selection of particular details from the authentic materials in those sources, and the synthesis of those details into a narrative ...