Jurnal Bisnis Perikanan
Vol 6, No 2: OKTOBER 2022 : JURNAL BISNIS PERIKANAN

SEGMENTASI PASAR TERHADAP KOMODITI PERIKANAN MENGGUNAKAN K-MEANS

Nurhuda Annaastasia (Universitas Halu Oleo)
Roslindah Daeng Siang (Universitas Halu Oleo)
Seventry Meliana Patiung (Universitas Halu Oleo)
Akhmad Mansyur (Universitas Halu Oleo)
Farhan Ramdhani Istinandar (Jurusan Manajemen Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Pengelompokan konsumen berdasarkan kebutuhan, karakteristik, daya beli dan keinginan dari individu akan memberikan efektivitas pemasaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar komoditi ikan di Kota Kendari. Penelitian ini dilakukan pada tiga pasar di Kota Kendari. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis k-means dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini membentuk 3 kelompok pasar di Kota Kendari. Pertama, TPI sebagai penunjang utama pasar lainnya yang ada di Kota Kendari. Kedua, sentral pasar yang terdapat di Kecamatan Poasia (Pasar Andounohu) dan di Kecamatan Baruga (Pasar Baruga). Ketiga adalah kelompok pasar penunjang tambahan yaitu Pasar KoremKeywords: Market segmentation, fishery commodities, k-means

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisnisperikanan

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences

Description

JURNAL BISNIS PERIKANAN, memuat artikel yang berkaitan dengan aspek agrobisnis perikanan dan kelautan, manajemen usaha perikanan dan kelautan (finansial, kebijakan usaha, pemasaran hasil perikanan dan aspek teknis fungsional), ekonomi sumberdaya perairan dan lingkungan, teknik pemberdayaan ...