Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 2 (2022)

Teacher Skills through Training on Scientific Publications in the Form of Scientific Forum Presentations

Savitri Wanabuliandari (Pendidikan Matematika, Universitas Muria Kudus, Jl. Lingkar Utara UMK, Kudus, Indonesia, 59327)
Fina Fakhriyah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Jl. Lingkar Utara UMK, Kudus, Indonesia, 59327)
Sekar Dwi Ardianti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Jl. Lingkar Utara UMK, Kudus, Indonesia, 59327)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Background: Sekarang ini, guru dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah ini dapat membantu guru dalam mengembangkan profesinya. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam publikasi ilmiah dalam bentuk presentasi forum ilmiah. Metode: Mitra dalam kegiatan adalah SD 5 Karangbener dan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ada 11 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktik. Teknik pengambilan data menggunkan observasi. Hasil:Pemahaman guru terhadap pengertian publikasi ilmiah dalam bentuk forum ilmiah naik 45,4%. Keterampilan guru dalam merancang pendahuluan naik 18,2%, Keterampilan guru dalam merancang metode penelitian naik 36,4%, dan Keterampilan guru dalam merancang hasil dan pembahasan naik 36,49%. Kesimpulan:Pelatihan Publikasi Ilmiah Dalam Bentuk Presentasi Forum Ilmiah Pada Guru di SD 5 Karangbener adalah meningkat pengetahuan dan keterampilan dalam merancang maupun menyusun artikel presentasi forum ilmiah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...