NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 3 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DENGAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG

Putoro Dongoran (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dan penelitian lapangan (field research) merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi yang akan diteliti. Penulis menggunakan rumus t-test polled varians, Berdasarkan analisa di atas maka diperoleh nilai thitung yaitu 0,506 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 48 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 dan taraf kesalahan 5% adalah 2,011 dengan demikian dapat diketahui thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,506 < 2,011 maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, artinya ada perbandingan prestasi belajar antara yang menggunakan metode simulasi dengan metode ceramah pada materi pokok hak asasi manusia kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng. Untuk itu guru hendaknya dapat merangsang semangat belajar peserta didik dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang ada agar prestasi belajar peserta didik dapat meningkat dan tidak menimbulkan kejenuhan belajar bagi peserta didik dan kegiatan mengajar bagi guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...