Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan peningkatan perhatian belajar siswa melalui penggunaan Media LCD Interaktif Smartboard.Manfaat penelitian ini memperkaya penelitian tentang peningkatan perhatian siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan Media LCD Interaktif Smartboard. Populasi penelitian adalah sampel sebanyak 30 siswa dan 15 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Selayar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposeful sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Konsentrasi Pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Zhitung 0 Ztabel 14. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsentrasi belajar siswa SMA Negeri 6 Selayar dapat ditingkatkan dengan menggunakan Media LCD Interaktif Smartboard dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru mata pelajaran di sekolah harus dapat lebih memahami bagaimana perhatian siswanya ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Serta dapat merangsang semangat belajar siswa, karena tingkat konsentrasi siswa di dalam kelas akan mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap teks. Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022