Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 4, No 1 (2022): Metaedukasi

Pengaruh Peran Fasilitator dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare

Maya Evelyn Saptarina (Universitas Negeri Malang)
Edi Widianto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran fasilitator dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data pelatihan di delapan LKP Bahasa Inggris Desa Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dengan teknik accidental sampling, serat dianalisis melalui regresi linear berganda dibantu program IBM SPSS versi 28.0. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tidak terdapat pengaruh antara Peran Fasilitator terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai p-value lebih besar daripada taraf sig (0,2270,05); 2) Terdapat pengaruh antara Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai p-value lebih besar daripada taraf sig (0,001 0,05); 3) Terdapat pengaruh antara Peran Fasilitator dn Lingkungan Belajar secara simultan terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di LKP Bahasa Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai p-value (0,000) yang mana lebih kecil dari alpha (0,05). Sebaiknya dapat diupayakan bagi lembaga kursus dan pelatihan untuk memberikan evaluasi dan pelatihan kepada setiap fasilitator agar peran fasilitator dapat dilakasanakan secara maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...