Jurnal Manajemen Dakwah
Vol 10, No 2 (2022)

MENAKAR KUALITAS PELAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada Bank Muamalat Cabang Palangka Raya)

Saeful - Mujab (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

ABSTRAK Keberadaan Bank Muamalat Indonesia (BMI) Kantor Cabang (KC) Palangka Raya merupakan wujud partisipasi dan eksistensinya dalam memberikan warna pada dunia perbankan di Kalimantan Tengah, wabil khusus menjadi pelopor perbankan berbasis syariah. Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana kepuasan nasabah terkait kualitas pelayanan yang dipersembahkan oleh BMI KC Palangkar Raya? Pertanyaan tersebut diajukan, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh kualitas pelayanan bank syariah dalam hal ini BMI KC Palangka Raya terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah BMI KC Palangka Raya. Sedangkan subjeknya adalah nasabah BMI KC Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan BMI KC Palangka Raya sudah cukup memuaskan bagi para nasabah di satu sisi, namun di sisi lain terdapat beberapa faktor yang memberikan kepuasan para nasabah. Hal tersebut terkait jaringan ATM yang kurang banyak dan sering offline, serta jumlah kantor unit yang perlu ditambahkan.Kata Kunci : Kualitas; kepuasan; nasabah; pelayananABSTRACT The existence of Bank Muamalat Indonesia (BMI) Palangka Raya Branch Office is a form of participation and existence in giving color to the banking world in Central Kalimantan, specifically being a pioneer in sharia-based banking. The question then is, how is customer satisfaction related to the quality of service offered by BMI KC Palangka Raya? The question was asked because this study aims to find out more about the service quality of Islamic banks in this case BMI KC Palangka Raya on customer satisfaction. The type of research used is descriptive research, with a qualitative approach. The object of this research is BMI KC Palangka Raya. While the subject is BMI KC Palangka Raya customers. The results of this study indicate that the service quality of BMI KC Palangka Raya is quite satisfactory for customers on the one hand, but on the other hand, several factors provide customer satisfaction. This is related to the lack of ATM networks and often offline, as well as the number of office units that need to be added.Keywords : Customer; quality; satisfaction; service

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmd

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah ...