Materi SPLDV adalah salah satu materi prasyarat aljabar untuk jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, siswa banyak mengalami kesalahan mengerjakan soal cerita pada materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV model PISA berdasarkan Teori Newman ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif. Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah dua siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri di Kabupaten Jepara dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Pemilihan subjek dilakukan melalui tes MFFT dilanjutkan dengan pengumpulan data dari tes tertulis, dan wawancara. Analisis data menggunakan framework Teori Newman yang meliputi (1) Kesalahan membaca, (2) Kesalahan memahami, (3) Kesalahan transformasi, (4) Kesalahan kemampuan memproses, (5) Kesalahan penulisan jawaban. Berdasarkan hasil analisis, subjek dengan gaya kognitif reflektif hanya melakukan melakukan kesalahan penulisan jawaban dalam menyelesaikan soal model PISA-like materi SPLDV. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif impulsif melakukan dua kesalahan yaitu kesalahan memahami dan kesalahan penulisan jawaban.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022