Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Unit Pengembangan Bahasa pada setiap PTKIN Indonesia dan pembelajaran bahasa dilaksanakan pada semester awal, sehingga adanya UPB dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada mahasiswa jurusan PBA (Pendidikan bahasa Arab) untuk ke jenjang perkuliahan selanjutnya. Adapun untuk metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan metode campuran (mixed) yaitu mengkombinasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Sumber data penelitian pengurus UPB, dan mahasiswa PBA UINSI Samarinda semeter enam. Teknik pengumpulan data ialah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di UPB berperan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa PBA UINSI Samarinda. Hal ini dapat kita lihat dari hasil angket yang mana keseluruhan dari responden menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab di UPB membantu mahasiswa untuk mengahadapi pembelajaran bahasa Arab pada semester selanjutnya dan pada uji korelasi juga menunjukkan diketahui rhitung = 0,893256646 dan rtabel = 0,1841, jadi maka 0,893256646 > 0,1841, maka kesimpulan akhir adalah antara variable UPB dan motivasi belajar terdapat hubungan.
Copyrights © 2021