Pembelajaran bahasa Arab di MTS Sabilarrasyad Sangasanga masih kurang efektif, sehingga motivasi dan semangat belajar siswa menurun, karena penggunaan metode pembelajaran yang tidak beragam. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif menggunakan metode yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu metode game edukasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan menggunakan tipe desain unequal quasi eksperimen control group design dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik saturasi yaitu seluruh anggota masyarakat dijadikan sampel penelitian yaitu 41 siswa kelas VII MTS Sabilarrasyad Sangasanga. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji hipotesis untuk sampel berpasangan dan N-Gain diperoleh nilai sig2 Tailed sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai mean pretest kelompok eksperimen sebesar 84,48 dan nilai mean posttest kelompok kontrol sebesar 75,30. Berdasarkan hasil uji N-Gain diketahui rerata kelompok eksperimen 62,23 dan rerata kelompok kontrol 48,85.
Copyrights © 2021