Borneo Journal of Language and Education
Vol 1 No 2 (2021): Borneo Journal of Language and Education, Vol.1 (No.2), Agustus 2021

Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimicry Memorization pada Siswa Kelas VA MI Al-Muna Samarinda

Susanto, Nurwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Penguasaan kosakata sangat dianjurkan pada anak-anak dalam pemerolehan bahasa mereka. Maka dari itu, dalam pembelajarannya dibutuhkan suatu metode yang tepat. Keterbatasan waktu dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Al-Muna Samarinda membuat siswa kurang memahami pelajaran. Maka, pelajaran bahasa Arab yang diutamakan adalah pembelajaran mufradat, khususnya pada kelas VA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab dengan menggunakan Metode Mimicry Memorization pada Siswa Kelas VA MI Al-Muna Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data-data penelitian ini bersumber dari kepala madrasah, guru bidang studi bahasa Arab, wali kelas VA dan siswa-siswi kelas VA MI Al-Muna Samarinda. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data hingga kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran mufradat Bahasa Arab menggunakan metode Mimicry Memorization pada siswa kelas VA MI Al-Muna Samarinda telah membantu siswa dalam mempelajari setiap mufradat pilihan yang terdapat pada buku LKS hingga menghafalnya, yang mana target hafalan mufradat mereka ada 3 BAB untuk 1 semester yaitu 10 mufradat pilihan pada setiap awal BAB. Mufradat yang ditiru dan dilafalkan secara berulang-ulang telah memberikan dampak pemahaman pada siswa hingga terhapal. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa pelaksanaan pembelajaran mufradat ini telah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedural pelaksanaanya itu sendiri yaitu guru menjelaskan beberapa materi/mufradat baru pada siswa beserta maknanya, siswa menirukan mufradat yang diucapkan oleh guru secara bersama-sama hingga terbiasa dan hafal, guru mengetes siswa untuk dibenarkan jika pengucapannya salah. Guru mereka juga memberikan contoh kalimat dan tugas menulis, yang mana akan membantu siswa dalam mengaplikasikan mufradat dengan lebih baik. Dengan demikian, siswa akan mampu menguasai mufradat yang telah dipelajarinya melalui metode ini dengan mudah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bjle

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Teaching Arabic and English as a Foreign Language Arabic and English Linguistic Arabic and English Literature Arabic and English History History of Arabic and English Education Strategy of Arabic and English Teaching Arabic and English Islamic Culture Media of Arabic and English Teaching Technology ...