Jurnal Edugenesis
Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI BAKTERI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG ONANG

Nur Azizah Riskiana (IPTS TAPSEL)
Nurhidayah Fithriyah Nasution (Unknown)
Rizky Amelia Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan laboratorium efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi bakteri di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan test. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil perhitungan penggunaan laboratorium diperoleh nilai rata-rata 77.5 pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan laboratorium diperoleh nilai rata-rata 70.5 pada kategori “Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh hasil thitung 4.19 > ttabel 1.70 berarti hipotesis diterima. Artinya penggunaan laboratorium efektif terhadap hasil belajar siswa materi Bakteri Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...