Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan literasi di sekolah. Kedua untuk menambah bahan bacaan yang menunjang kegiatan literasi siswa kelas rendah di SDN 3 Rendang. Penelitian pengembangan bahan literasi siswa kelas rendah dengan memanfaatkan cerita ogoh – ogoh Bali dikembangkan menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Research and Develovment). Pada penelitian ini peneliti membatasi tahap pengembangan dan peneliti menggunakan 4 tahap penelitian antara lain: 1) Identifikasi potensi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Penyusunan bahan ajar, 4) Validasi bahan literasi. Berdasarkan penjelasan dan hasil validasi ahli dapat dinyatakan bahwa hasil pengembangan bahan literasi siswa kelas rendah dengan memanfaatkan cerita ogoh-ogoh Bali skor yang diperoleh berdasarkan angket dilihat dari segi muatan isi adalah 67,5. Berdasarkan rumus sekala likert yang dijelaskan pada BAB III rata-rata validasi yang diperoleh mendapatkan kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata skor yang diperoleh berdasarkan angket dilihat dari segi struktur buku adalah 68. Berdasarkan rumus sekala likert yang dijelaskan pada BAB III rata-rata validasi yang diperoleh mendapatkan kategori sangat valid. Dan rata-rata skor yang diperoleh berdasarkan angket dilihat dari segi ilustrasi buku adalah 68,5. Berdasarkan rumus sekala likert yang dijelaskan pada BAB III rata-rata validasi yang diperoleh mendapatkan kategori sangat valid.
Copyrights © 2021